Rabu, 16 Maret 2016

apa itu pesantren

apa itu pesantren - Bagaimana sebuah pesantren, Sejarah pesantren dan berbagai hal yang berhubungan dengan pesantren akan dikupas lebih dalam pada postingan ini, pesantren seperti yang dikutip dalam wikipedia, Pesantren adalah sebuah pendidikan tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan Kiai dan para Ustadz yang di dalamnya terdapat asrama untuk tempat tempat menginap santri. Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Kompleks ini biasanya dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku. 
pesantren darussalam martapura
PP. Darussalam salah satu pesantren di Kalimantan Selatan - panoramio.com
Pengertian pesantren secara terminologi adalah tempat belajar para santri, sedangkan pondok berarti rumah atau tempat tinggal sederhana bisa berupada dari bambu, seperti yang banyak terdapat di sawah, pondok tempat bernaung. Selain itu, kata pondok berasal dari Bahasa Arab Funduq yang berarti asrama atau hotel. Di Jawa termasuk Sunda dan Madura umumnya digunakan istilah pondok dan pesantren, sedang di Aceh dikenal dengan Istilah dayah atau rangkang atau menuasa, sedangkan di Minangkabau disebut surau.
Pengertian Pesantren secara etimologi sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara nonklasikal, yaitu dengan seorang kiai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Arab dan kitab Arab Melayu.


Pendapat lainnya, pesantren berasal dari kata santri yang dapat diartikan tempat santri. Sedangkan dalam bahasa Sansakerta, atau mungkin Jawa Kata santri berasal dari kata Cantrik yang berarti orang yang selalu mengikuti guru, yang kemudian dikembangkan oleh Perguruan Taman Siswa dalam sistem asrama yang disebut Pawiyatan. Istilah santri juga dalam ada dalam bahasa Tamil, yang berarti guru mengaji,
apa itu pesantren
Kegiatan ujian di Pondok Modern Gontor putri - kompasiana.com
Sedang C. C Berg berpendapat bahwa istilah tersebut berasal dari istilah shastri, yang dalam bahasa India berarti orang yang tahu buku-buku suci agama Hindu atau seorang sarjana ahli kitab suci agama Hindu. Terkadang juga dianggap sebagai gabungan kata saint (manusia baik) dengan suku kata tra (suka menolong), sehingga kata pesantren dapat berarti tempat pendidikan manusia baik-baik.
Berikut salah satu kegiatan sehari-hari pesantren Al-Yasini Pasuruan :

definisi singkat pesantren di atas tidaklah cukup kalau kita tidak melihat langsung aktifitas pesantren tersebut, sehingga dengan bercakap langsung dengan santri ataupun ustadznya kita bisa lebih detail untuk mengetahui apa itu pesantren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar