Senin, 10 April 2017

4 Pesantren Terbaik dan Terkenal di Jawa Barat

Pesantren.info - Pada masa ini pesantren tidak lagi dipandang sebagai lembaga pendidikan lawas dan kuno yang hanya mengedepankan pendidikan agama saja. Banyak pesantren yang telah melengkapi kualitas pendidikannya dengan berbagai kurikulum pendidikan umum dan bahkan mempelajari bahasa asing.
Masyarakat Indonesia juga tidak perlu bingung-bingung lagi untuk memilih pesantren yang hendak dimasukinya, karena mayoritas pesantren Indonesia sudah memiliki sistem pendidikan yang berkualitas dan tersebar di banyak kota di Indonesia.

Pesantren Terbaik di Jawa Barat

Nah, buat anda yang berada di Jawa Barat, di bawah ini adalah beberapa pesantren terbaik yang cocok untuk tempat belajar putra-putri anda, (versi kami)

1.    Pesantren Al Musaddiyah

(Sumber:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhUrS2FwXmIVfuiWZyPnYxxUgcAwzUAPID1O-O3QOrjdI0Xl4dyQIrG54jzAywIVAGmQoaS08_RTX4fbFpJiu8q8kPYXVQ_3jdYSnPsM5xL5Cv_sic5MsSKsCq2pQVF3lhNErVOvosdoA/s1600/DSC_4384.JPG)

Pesantren terbaik di Jawa Barat yang pertama adalah Pesantren Al Musaddiyah. Pesantren ini didirikan di Jayaraga, Tarogong Kidul,, Garut oleh Profesor KH. Anwar Musaddad pada tahun 1990. Pesantren ini sudah melengkapi lembaga pendidikannya yang ditandai dengan adanya lembaga pendidikan umum untuk tingkat SLTP dan SLTA putra dan putri.
Sedangkan untuk metode pembelajaran, pesantren ini masih menerapkan metode qiroatul kutub, sorogan serta diskusi dengan kitab rujukannya adalah kitab kuning yang disesuaikan dengan tingkat serta kemampuan para santri. Pesantren ini juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler yaitu silat, tadribul khitabah, keputrian, kesenian, olahraga serta qiroatul qur’an.

2.    Pesantren Modern Sahid


(sumber:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9gZjQn_n1qzpQFwddrPwqst_8k_Tki74crT_xXFf0zfjgIKHsJfnEtxhsInhcVACqglVzoruVn5ZOh0tGg8oUhnf2U5Z2sXJTh4OU40PQYHU_ZUNU7u6O4sCSW6k7ByradUO6kicEzYc/s1600/_DSC0016+-+Copy_edited.jpg)

Pesantren Modern Sahid yang beralamat di Jl. KH. Abdul Hamid KM.6, Gunung Menyan, Pamijahan, Bogor ini didirikan oleh Prof. Dr. H. Sukamdani Sahid Gitosardjono beserta istri yakni K.R.Ay.Hj. Juliah Sukamdani pada tahun 2000 yang lalu. Dan juga termasuk salah satu pesantren terbaik di Jawa Barat.
Pesantren ini disebut-sebut sebagai pusat pendidikan yang sudah bertaraf internasional, dengan kurikulumnya meliputi pelajaran umum serta pelajaran agama dan Bahasa Arab. Untuk pelajaran umum, pesantren ini mengacu pada standar kompetensi dari Kemendikbud, sedangkan untuk pelajaran agamanya mengacu pada standar kompetensi dari Kemenag.

3.    Pesantren Buntet


(sumber:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPerCG4MTXi094u33Fz27bbzih3njnP7tjybtduH2y-oq1C2UxU9zN_ZDGryaCumvkN0YqG9ObzcnGsxqL2dyEaeFYUI8IuuWlraHEYQIaZnYqIyybuI0gfUUccvY5PWx56E-Q9_OTt94G/s1600/buntet+cirebon.jpg)

Pesantren Buntet juga menjadi salah satu anggota dari pesantren tertua yang ada di Indonesia, sekaligus pesantren terbaik di Jawa Barat. Pesantren yang didirikan sekitar abad 18 ini terletak diantara dua desa yakni Desa Munjul dan Desa Mertapada.
Pesantren ini adalah pesantren tradisional namun modern. Dikatakan tradisional karena sama seperti pesantren lain yang mengkaji ilmu agama secara lebih mendalam, namun juga modern karena sudah memiliki beberapa sekolah formal.
Nah, sekolah formal yang ada di Pesantren Buntet ini dimulai dari jenjang TK, Madrah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah Putra I dan II, Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Putra dan Putri, Madrasah Aliyah Negeri, SMK Mekanika, Akademi Perawat serta Madrasah Diniyah.

4.    Pesantren Suryalaya


(sumber:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhI0PW5Tf5Iq1WI2d58ionW_19cUF1EXMtx6ZbzaHY5qGXXYtDFuy12pCEGaQZnD2QVqKJByN6D8Xhf2pKx6z5h3IVEPpgruvQVEoi_7aW-bx0AXe-dRUyXNiL8i9In17WgsKe-RYYZdVfJ/s1600/Foto0032.jpg)

Pesantren yang beralamat di Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pagerageung, Tasikmalaya ini didirikan tahun 1905 oleh Syaikh Abdullah bin Nur Muhammad. Sama seperti pesantren yang sudah disebutkan sebelumnya, pesantren ini juga memiliki pendidikan formal dan non formal.
Pendidikan formal di pesantren ini dibagi menjadi dua yakni pendidikan formal umum dan pendidikan formal agama, sedangkan untuk lembaga pendidikan non formal hanya pengajian tradisional saja.

Nah, itulah di atas 4 pesantren terbaik di Jawa Barat. Semoga informasi diatas bisa menjadi referensi yang bermanfaat, khususnya yang sedang mencari pondok pesantren terbaik.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pondok_Pesantren_Suryalaya
http://www.satujam.com/pesantren-di-bogor/
https://jurnalpriangan.com/2016/11/15/daftar-pesantren-terbaik-garut/
http://pondokpesantrenalmusaddadiyah.blogspot.co.id/2013/06/pesantren-al-musaddadiyah-garut.html
http://pesantrenmodernsahid.or.id/deskripsi-singkat/
http://www.buntetpesantren.org/p/tentang-buntet-pesantren.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar